Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016
Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016 - Beberapa bulan lagi kalian akan menghadapi ujian akhir sekolah (UAS). Berbicara mengenai UAS tentu saja mengingatkan kita tentang masa SMP/MTs kalian yang tinggal sebentar. Jadi buatlah kenangan dan kesan yang indah di masa-masa akhir sekolah ini. Salah satu kesan indah yang bisa kita ciptakan adalah menciptakan nilai yang fantastis di Ujian Akhir Sekolah (UAS).
Ya, dengan nilai yang memuaskan di UAS tentu akan semakin mempermudah kalian dalam penerimaan SMA/MA/SMK nanti. Salah satu yang dinilai saat menerima daftar siswa-siswi yang berhak lulus adalah nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) kalian. Maka pada kesempatan ini saya akan membantu kalian dengan memberikan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016 dalam rangka membantu kalian untuk memperoleh nilai yang memuaskan khususnya dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016 :
1. | Perhatikan daftar istilah berikut ini ! (1) pengikisan (2) pelapukan (3) sedimentasi (4) tektonisme (5) vulkanisme (6) seisme Dari daftar istilah di atas, yang termasuk tenaga eksogen adalah .... | |
a. | (1), (2) dan (3) | |
b. | (1), (2) dan (4) | |
c. | (2), (3) dan (5) | |
d. | (2), (4) dan (6) | |
2. | Berikut ini adalah komponen-komponen peta, kecuali .... | |
a. | orientasi | |
b. | luas | |
c. | legenda | |
d. | garis tepi | |
3. | Urutan struktur lapisan atmosfer mulai dari yang terdekat dengan permukaan bumi ke atas adalah .... | |
a. | troposfer, mesosfer, stratosfer dan thermosfer | |
b. | troposfer, stratosfer, thermosfer dan eksosfer | |
c. | troposfer, stratosfer, mesosfer, dan thermosfer | |
d. | thermosfer, mesosfer, stratosfer dan troposfer | |
4. | Air tanah perlu dilestarikan. Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian air tanah adalah ... | |
a. | menggunakan air sesuai dengan keperluan | |
b. | memfungsikan kembali tampungan-tampungan air | |
c. | mengolah air limbah menjadi air bersih dengan menggunakan zat kimiawi | |
d. | memasukkan air hujan ke dalam tanah dengan cara membuat biopori | |
5. | Jenis manusia purba yang sudah berjalan tegak hasil penemuan Dubois adalah .... | |
a. b. | MeganthropusPaleojavanicus Homo Sapiens | |
c. | Homo Wajakensis | |
d. | Pithecanthropus Erectus | |
6. | Perkembangan kehidupan ekonomi masyarakat pada masa praaksara adalah .... | |
a. | menetap menuju kehidupan nomaden | |
b. | food producing menuju food gethering | |
c. | food gethering menuju food producing | |
d. | kehidupan nomaden menuju menetap | |
7. | Norma-norma sosial dipelajai anak-anak melalui .... | |
a. | adaptasi | |
b. | Imitasi | |
c. | Identifikasi | |
d. | Simpati | |
8. | Berikut ini yang termasuk media sosialisasi formal adalah .... | |
a. | sekolah, akademi militer, negara | |
b. | sanggar tari, geng motor, sekolah | |
c. | group musik, majelis taklim, lingkungan kerja | |
d. | sahabat, teman sepermainan, masyarakat | |
9. | Daftar faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang: (1) jumlah barang (2) penghasilan (3) kebudayaan (4) selera (5) pendidikan (6) harga barang Berdasarkan daftar di atas, faktor internal yang mempengaruhi konsumsi seseorang adalah .... | |
a. | (1), (2) dan (3) | |
b. | (2), (4) dan (5) | |
c. | (3), (4) dan (5) | |
d. | (3), (5) dan (6) | |
10. | Diantara benda berikut yang dikategorikan modal tetap adalah .... | |
a. | alat-alat kantor | |
b. | bahan pewarna makanan | |
c. | gedung dalam perusahaan roti | |
d. | tebu dalam pabrik gula | |
11. | Perhatikan tabel ciri-ciri sistem ekonomi berikut ini !
dari tabel di atas, yang merupakan ciri-ciri ekonomi liberal adalah .... | |||||||
a. | A1, B1 dan C2 | |||||||
b. | A1, B2, dan C2 | |||||||
c. | A2, B1 dan C2 | |||||||
d. | A2, B2 dan C2 | |||||||
12. | Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah sebesar 10%. Apabila Andin membeli barang-barang berikut ini :
PPN yang harus dibayar Adelia adalah .... | |||||
a. | Rp4.400.000,- | |||||
b. | Rp4.100.000,- | |||||
c. | Rp1.440.000,- | |||||
d. | Rp1.400.000,- | |||||
13. | Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas, hal ini memiliki makna apabila .... | |
a. | harga turun, jumlah barang yang ditawarkan naik | |
b. | jumlah barang yang ditawarkan naik, harga turun | |
c. | harga naik, jumlah barang yang ditawarkan naik | |
d. | harga naik, jumlah barang yang ditawarkan tetap | |
14. | Harga pasar adalah harga yang telah disepakati antara .... | |
a. | produsen dan sales | |
b. | pembeli dan penjual | |
c. | agen dan distributori | |
d. | penyalur dan pedagang | |
15. | Salah satu contoh kemajuan terencana di lingkungan masyarakat yaitu .... | |
a. | listrik masuk desa | |
b. | Transmigrasi | |
c. | Urbanisasi | |
d. | peduli bencana | |
16. | Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah kepadatan penduduk terbesar berdasarkan sensus tahun 2010 adalah .... | |
a. | DKI Jakarta | |
b. | Madura | |
c. | Jawa Tengah | |
d. | Bali | |
17. | Manakah di antara masalah kependudukan berikut ini yang dikategorikan menjadi masalah yang utama di Indonesia ? | |
a. | Pengangguran | |
b. | Persebaran | |
c. | Pertumbuhan | |
d. | Kesehatan | |
18. | Di suatu wilayah, angka harapan hidup dapat dijadikan salah satu indikator tingkat .... | |
a. | Kelahiran | |
b. | Kematian | |
c. | Kemandirian | |
d. | Kesehatan | |
19. | Fungsi norma-norma sosial yang terdapat dalam kehidupan masyarakat adalah .... | |
a. | mewujudkan masyarakat madani | |
b. | menetapkan tujuan hidup | |
c. | mengatur pergaulan hidup | |
d. | membentuk masyarakat homogen | |
20. | Kenakalan remaja dapat terjadi karena faktor-faktor berikut ini, kecuali .... | |
a. | salah dalam pergaulan di masyarakat | |
b. | kurikulum sekolah tidak relevan dengan zaman | |
c. | anak hanya terpenuhi kebutuhan materilnya saja | |
d. | pengaruh gambar dan buku-buku | |
21. | Seorang anak ikut-ikutan membolos sekolah, dengan alasan demi solidaritas kelompok. Penyimpangan sosial itu disebabkan oleh .... | |
a. | kebutuhan kelompok | |
b. | teman bermain | |
c. | tujuan kelompok | |
d. | disorganisasi keluarga | |
22. | Salah satu dampak positif pelaksanaan politik etis di bidang edukasi adalah .... | |
a. | mendorong lahirnya sumpah pemuda | |
b. | menambah penerimaan kas Belanda | |
c. | munculnya perlawanan rakyat di berbagai daerah | |
d. | melahirkan golongan cerdik pandai | |
23. | Munculnya Pergerakan Nasional di Indonesia didorong oleh beberapa faktor baik faktor dari dalam maupun dari luar. Salah satu faktor dari dalam diantaranya .... | |
a. | makin luasnya pengaruh Belanda di lingkungan kerjanya | |
b. | gugurnya raja-raja yang melawan penjajah | |
c. | penderitaan bangsa yang berkepanjangan | |
d. | masuknya paham-paham baru di Indonesia | |
24. | Faktor ekonomi yang menyebabkan bangsa Eropa mencari daerah rempah-rempah adalah .... | |
a. | Konstatinopel jatuh ke tangan bangsa Turki | |
b. | harga rempa-rempah di Eropa makin meningkati | |
c. | adanya kekhawatiran bahwa bangsa Asia tidak lagi menjual rempah-rempah | |
d. | bangsa Eropa kalah dalam menghadapi persaingan dengan Amerika | |
25. | Dampak negatif sistem tanam paksa bagi rakyat Indonesia adalah .... | |
a. | rakyat Indonesia makin miskin dan menderita | |
b. | dibangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan | |
c. | terbukanya lapangan kerja bagi penduduk pedesaan | |
d. | rakyat Indonesia bebas membayar pajak | |
26. | Salah satu ciri negara yang sedang berkembang adalah .... | |
a. | ketergatungan tinggi | |
b. | tingkat pendidikan tinggi | |
c. | tingkat pendapatan tinggi | |
d. | tingkat teknologi modern | |
27. | Salah satu negara maju yang berada di wilayah selatan adalah .... | |
a. | Singapura | |
b. | Korea Selatan | |
c. | Jepang | |
d. | New Zealand | |
28. | Pada peta umum, daerah rawa ditunjukkan dengan warna/gambar .... | |
a. | coklat dan garis putus-putus | |
b. | merah dan garis putus-putus | |
c. | hijau dan garis putus-putus | |
d. | biru dan garis putus-putus | |
29. | Wilayah perairan berupa laut ditunjukkan dengan gradasi warna biru. Gradasi warna itu bermakna .... | |
a. | perbedaan jenis biota laut | |
b. | perbedaan kedalaman laut | |
c. | perbedaan suhu air laut | |
d. | batas landas kontinen | |
30. | Negara yang paling padat penduduknya berada di benua .... | |
a. | Asia | |
b. | Amerika | |
c. | Australia | |
d. | Afrika | |
31. | Di antara negara-negara di bawah ini yang berada di Benua Amerika adalah .... | |
a. | Maroko | |
b. | Kroasia | |
c. | Iran | |
d. | Panama | |
32. | Sumatera, Jawa, dan Madura adalah wilayah Republik Indonesia yang tertuang dalam perjanjian .... | |
a. | Roem-Royen | |
b. | Meja bundar | |
c. | Renville | |
d. | Linggarjati | |
33. | 4 (empat) partai besar hasil pemilu tahun 1955 yaitu .... | |
a. | Masyumi, PNI, NU, PKI, | |
b. | Masyumi, PNI, NU, Perti | |
c. | PNI ,NU, Parindra, PKI | |
d. | PNI, NU, PKI, PSII | |
34. | Deklarasi ASEAN di bangkok 8 Agustus 1967 salah satu tujuannya yaitu .... | |
a. | meredakan perang dingin antara dua blok | |
b. | meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional | |
c. | mempersatukan ideologi negara-negara ASEAN | |
d. | meningkatkan ketahanan militer untuk mencegah intervensi asing | |
35. | Gerakan Non Blok (GNB) dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari .... | |
a. | Konferensi Yalta | |
b. | Liga Bangsa-Bangsa | |
c. | Konferensi Asia Afrika | |
d. | Perserikatan Bangsa-Bangsa | |
36. | Misi PBB untuk mencari penyelesaian damai antara Indonesia dan Belanda adalah dibentuknya Komisi Tiga Negara (KTN), kemudian misinya dilanjutkan oleh .... | |
a. | UNICEF | |
b. | UNHCR | |
c. | UNTEA | |
d. | UNCI | |
37. | Latar belakang terjadinya perjuangan merebut Irian Barat adalah .... | |
a. | Belanda mengingkari hasil-hasil perundingan KMB | |
b. | tidak ditaatinya isi Perjanjian Linggarjati oleh Belanda | |
c. | Indonesia tidak menyetujui salah satu isi perjanjian Renville | |
d. | Perjanjian Roem-Royen tidak menghasilkan kesepakatan RI dan Belanda | |
38. | Pada masyarakat pedesaan perubahan besar sosial budaya dapat disebabkan oleh faktor .... | |
a. | meningkatnya kecerdasan pemimpin desa | |
b. | masuknya teknologi pertanian | |
c. | masuknya unsur-unsur kebudayaan kota | |
d. | adanya program koran masuk desa | |
39. | Salah satu contoh mobilitas sosial secara vertikal naik adalah .... | |
a. | direktur menjadi buruh pabrik | |
b. | sopir angkutan kota menjadi sopir taksi | |
c. | bawahan beralih menjadi pimpinan | |
d. | bidan di desa pindah menjadi bidan di kota | |
40. | Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) tidak toleran terhadap kebudayaan lain (2) kontak dengan kebudayaan lain (3) penolakan terhadap inovasi baru (4) laju pertumbuhan penduduk Pernyataan yang merupakan faktor pendorong perubahan sosial budaya ditunjukkan oleh nomor .... | |
a. | (1) dan (2) | |
b. | (1) dan (3) | |
c. | (2) dan (3) | |
d. | (2) dan (4) | |
41. | Bentuk perubahan sosial budaya yang berpengaruh positif terhadap perilaku kalangan remaja adalah .... | |
a. | memanfaatkan setiap peluang untuk bisa maju | |
b. | perubahan gaya hidup menjadi lebih konsumtif | |
c. | memanfaatkan kedudukan dan jabatan orang tua | |
d. | menumbuhkan rasa percaya diri untuk masa depan | |
42. | Amir Syarifuddin berbalik arah menentang pemerintahan RI pada tahun 1948 sebab .... | |
a. | ada pihak yang menghasut untuk memberontak | |
b. | kecewa kabinetnya dijatuhkan setelah Persetujuan Renville | |
c. | ia merasa dikucilnya oleh para petinggi pemerintahan RIS | |
d. | berambisi untuk menempati posisi jabatan tertinggi | |
43. | Pengkhianatan PKI terhadap RI pada tahun 1965 bertujuan untuk .... | |
a. | menyisihkan peranan Angkatan Darat dan lawan-lawan politiknya | |
b. | mengubah ideologi Pancasila diganti dengan komunisme | |
c. | membentuk angkatan kelima sebagai kekuatan seluruh rakyat | |
d. | merebut kekuasaan yang sah dari Presiden Sukarno | |
44. | Pak Imron yang tinggal di Aikmel menjual kebun untuk membayar rumah yang akan dibelinya di Pancor sebesar seratus juta Rupah. Tindakan pak Imron tersebut mencerminkan fungsi uang sebagai alat .... | |
a. | pemindah kekayaan | |
b. | Pembayaran | |
c. | tukar menukar | |
d. | satuan hitung | |
45. | Alat pembayaran yang sah yang dapat digunakan sebagai alat pertukaran dalam masyarakat ialah uang .... | |
a. | Logam | |
b. | Giral | |
c. | Kertas | |
d. | Kartal | |
46. | Pak Burhan membeli seperangkat peralatan dari Jerman seharga US$ 5.000 Kurs yang berlaku saat itu adalah kurs jual US$1= Rp. 12.500,- dan kurs beli US$1= Rp. 12.400,- jumlah rupiah yang harus dikeluarkan Pak Burhan adalah .... | |
a. | Rp. 62.500.000,- | |
b. | Rp. 62.000.000,- | |
c. | Rp. 61.500.000,- | |
d. | Rp. 61.000.000,- | |
47. | Pak Ridwan menerima pinjaman dari BTN dalam rangka membeli rumah cicilan, sesuai fungsi bank umum, tindakan tersebut merupakan .... | |
a. | pelayanan jasa bank | |
b. | operasi pasar terbuka | |
c. | operasi kredit pasif | |
d. | operasi kredit aktif | |
48. | BUKOPIN adalah bank umum yang memiliki bentuk hukum .... | |
a. | firma | |
b. | perusahaan daerah | |
c. | perseroan terbatas | |
d. | Koperasi | |
49. | Badan Internasional yang mengatur masalah perdagangan antarnegara adalah .... | |
a. | WHO | |
b. | AFTA | |
c. | WTO | |
d. | IMF | |
50. | Salah satu dampak positif dari adangan kerjasama ekonomi internasonal adalah .... | |
a. | Kemandirian | |
b. | Ketergantungan | |
c. | banyak TKI ilegal | |
d. | A lih tenologi | |
Semoga dengan adanya Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016 ini kalian bisa terasa terbantukan dalam menjelang menghadapi UAS tahun ini. Nilai kalian bisa lebih meningkat sehingga bisa diterima di SMA/MA/SMK yang favorit yang telah lama kalian idam-idamkan selama ini. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP/MTs 2016.