Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2
Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2 - Sekarang kalian sudah berada di kelas IX (9) SMP/MTs itu artinya kalian sedang berada di penghujung masa SMP/MTs. Tentu sudah banyak kenangan yang tercipta di masa SMP/MTs kalian. Tetapi kenangan yang paling berkesan menurut saya adalah ketika kalian bisa meraih prestasi atau nilai yang memuaskan saat ulangan ataupun ujian nasional nanti. Maka mulai sekarang untuk menghadapi ulangan mid semester kalian harus rajin mempersiapkan diri.
Seni Budaya (SBD) adalah salah satu mata pelajaran yang akan kalian hadapi saat ulangan mid semester. Banyak siswa-siswi kelas IX (9) SMP/MTs beranggapan bahwa Seni Budaya (SBD) adalah mata pelajaran yang cukup sulit. Apalagi pada materi bermain dan menghitung not lagu. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2.
Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Benar
1. | Syarat utama untuk mengadakan pergelaran adalah … | ||||||||
a. | Adanya kepanitiaan | c. | Adanya dana yang mencukupi | ||||||
b. | Adanya karya | d. | Adanya Seniman | ||||||
2. | Pergelaran yang menampilkan berbagai karya seni dinamakan … | ||||||||
a. | Pergelaran heterogen | c. | Pergelaran tunggal | ||||||
b. | Pergelaran homogen | d. | Pergelaran umum | ||||||
3. | Pergelaran yang menampilkan seorang seniman saja disebut … | ||||||||
a. | Pergelaran heterogen | c. | Pergelaran tunggal | ||||||
b. | Pergelaran homogen | d. | Pergelaran umum | ||||||
4. | Sekelompok orang yang akan melaksanakan kegiatan pergelaran adalah … | ||||||||
a. | Pengunjung | c. | Panitia | ||||||
b. | Seniman | d. | Apresiator | ||||||
5. | Orang yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pergelaran di sekolah adalah … | ||||||||
a. | Kepala Sekolah | c. | Guru dan Siswa | ||||||
b. | Ketua Panitia | d. | Semua Panitia | ||||||
6. | Yang bukan sarana/prasarana pergelaran adalah … | ||||||||
a. | Dana | c. | Katalog | ||||||
b. | Kamera/Video | d. | Buku Tamu | ||||||
7. | Istilah Lighting berarti … | ||||||||
a. | Lampu penerangan | c. | Pencahayaan / tata lampu | ||||||
b. | Listrik / genset | d. | Efek gelap terang warna | ||||||
8. | Sebelum ditampilkan karya harus diseleksi, karena … | ||||||||
a. | Untuk memilih yang terbagus | c. | Untuk mencari juara | ||||||
b. | Untuk mencari kesesuaian | d. | Untuk mengurangi peserta | ||||||
9. | Unsur Informasi dalam pergelaran menjelaskan tentang … | ||||||||
a. | Judul karya | c. | Menjelaskan tempat dan waktu | ||||||
b. | Pembuatan spanduk dan poster | d. | Menjelaskan dana yang diperlukan | ||||||
10. | Pemilihan tempat pergelaran harus strategis, maksudnya adalah … | ||||||||
a. | Luas dan indah | c. | Mudah didatangi | ||||||
b. | Di tempat umum | d. | Jauh dari keributan | ||||||
11. | Selain Strategis tempat pergelaran harus aman, misalnya … | ||||||||
a. | Menyediakan atap / terop | c. | Dekat dengan jalur angkutan umum | ||||||
b. | Luas dan bersih, jauh dari keramaian | d. | Menyediakan tiket masuk | ||||||
12. | Unsur penataan karya adalah … | ||||||||
a. | Membatasi karya yang akan ditampilkan | c. | Menata dan memperindah panggung yang akan dipakai | ||||||
b. | Membuat susunan acara | d. | Membuat kepanitiaan yang lengkap | ||||||
13. | Apresiasi berarti … | ||||||||
a. | Menilai baik dan buruk | c. | Memberi tepuk tangan | ||||||
b. | Member penghargaan | d. | Melihat atau mengunjungi pergelaran | ||||||
14. | Apresiasi yang mampu mendorong untuk lebih kreatif adalah … | ||||||||
a. | Apresiasi kreatif | c. | Apresiasi pasif | ||||||
b. | Apresiasi aktif | d. | Apresiasi nilai | ||||||
15. | Pergelaran dapat memberikan pengalaman baru, termasuk fungsi sosial pameran … | ||||||||
a. | Sarana apresiasi | c. | Sarana prestasi | ||||||
b. | Sarana edukasi | d. | Sarana rekreasi | ||||||
16. | Sarana edukasi sering disebut sebagai sarana …. | ||||||||
a. | Wawasan | c. | Adu ketangkasan | ||||||
b. | Penilaian | d. | Informasi | ||||||
17. | Dengan mengunjungi pergelaran kita bisa mendapatkan hiburan, termasuk fungsi pergelaran sebagai sarana … | ||||||||
a. | Sarana apresiasi | c. | Sarana prestasi | ||||||
b. | Sarana edukasi | d. | Sarana rekreasi | ||||||
18. | Sarana prestasi pergelaran adalah … | ||||||||
a. | hubungan antar seniman | c. | Hubungan masyarakat dan masyarakat | ||||||
b. | Hubungan seniman dan masyarakat | d. | Mengukur kemampuan seniman | ||||||
19. | Kebutuhan jasmani dan rokhani bisa seimbang adalah fungsi sosial pergelaran sarana … | ||||||||
a. | Edukasi | c. | Rekreasi | ||||||
b. | Informasi | d. | Evaluasi | ||||||
20. | Salah satu fungsi pergelaran di sekolah adalah … | ||||||||
a. | Membuat persaingan antar siswa | c. | Siswa lebih giat belajar di kelas | ||||||
b. | Menciptakan penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas | d. | Membangkitkan semangat kerja keras | ||||||
21. | Langkah paling awal dalam pelaksanaan pergelaran di sekolah adalah … | ||||||||
a. | Mengumpulkan dana | c. | Menyeleksi karya | ||||||
b. | Melakukan perencanaan | d. | Mengadakan rapat OSIS | ||||||
22. | Secara garis besar perencanaan di awali dengan … | ||||||||
a. | Menentukan jumlah iuran / dana | c. | Mencari waktu dan tempat yang baik | ||||||
b. | Membuat rencana kegiatan | d. | Merumuskan tema | ||||||
23. | Sifat dari sebuah tema adalah … | ||||||||
a. | abstrak | c. | Misi idealis | ||||||
b. | konkrit | d. | Monumental | ||||||
24. | Tema biasanya dihubungkan dengan peristiwa monumental, artinya… | ||||||||
a. | Singkat jelas dan padat | c. | Menjelaskan pokok-pokoknya saja | ||||||
b. | Memakai kata-kata sederhana | d. | Dihubungkan dengan peristiwa sejarah | ||||||
25. | Tema yang cocok untuk sebuah kegiatan yang diadakan bulan mei adalah … | ||||||||
a. | Pentingnya pendidikan | c. | Semangat Kepahlawanan | ||||||
b. | Emansipasi wanita | d. | Jiwa kepahlawanan | ||||||
JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN BENAR
Tema Kegiatan :
“ Dalam rangka HUT RI Ke 76, “Menghias Dunia”
26. Tuliskan Judul Kegiatanmu
27. Buatlah Rencana Kerja Umum (minimal 7 perencanaan)
28. Buatlah Rencana Kerja Khusus (sesuaikan jabatanmu dalam Kepanitiaan)
29. Sebutkan Syarat-syarat pergelaran
30. Sebutkan Unsur-unsur pergelaran
Semoga dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2 ini kalian semakin rajin berlatih menjawab soal untuk kelancaran kalian saat menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Dengan rajin menjawab soal-soal latihan semoga nilai kalian semakin meningkat khususnya pada pelajaran Seni Budaya (SBD). Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2.